Bagaimana cara menulis CV guru yang bagus? Lihat tips dan contoh kami!

Anda baru lulus dan ingin memulai karier mengajar? Atau mungkin ingin naik jabatan, atau pindah dari bidang lain ke pendidikan? Kalau ya, mulailah dengan menulis CV yang mengesankan. CV yang menarik pasti akan membuka jalan untuk Anda. Meskipun menulis CV biasa tidak sulit, sampai ke tahap wawancara itu sulit. Lanjutkan membaca untuk tahu cara menulis daftar riwayat hidup guru – format, struktur, dan hal-hal penting yang perlu disebutkan.

Buat CV profesional Anda sekarang

Contoh CV Guru – Templat Otago

CV guru

Unduh contoh CV guru SD ini

Dika Putrawan adalah guru SD yang mencari tantangan baru. Dalam profil pribadinya, dia menjelaskan kelebihan, nilai etika, dan jenis pekerjaan yang dia cari. Dengan menuliskan keterampilan utama, minat, dan kursus yang pernah diambil, dia memberikan semua informasi yang dibutuhkan sebagai guru. Dia menggunakan templat CV Otago yang punya layout netral dan foto kecil di pojok kiri. Meskipun begitu, templat ini juga bisa digunakan tanpa foto.

Bagaimana cara menulis CV untuk guru?

Guru adalah profesi yang luar biasa. Mereka punya kesempatan langka untuk memengaruhi hidup dan memaksimalkan potensi seseorang. Dunia pendidikan itu sangat kompetitif, dan untuk mendapatkan pekerjaan, Anda butuh kualifikasi dan pengalaman yang baik. CV yang bagus akan memberikan Anda kesempatan itu. Bahkan, kandidat dengan pengalaman lebih sedikit pun bisa sampai di tahap wawancara jika CV mereka bagus. Jadi, bagaimana cara membuat CV guru Anda bersinar?

Kenali audiens Anda

Bayangkan Anda menjadi kepala sekolah atau HR. Apa saja kualifikasi, karakteristik, dan pengalaman yang Anda cari? Biasanya mereka akan fokus pada pengalaman dan cara mengajar. Mereka tidak tertarik untuk melihat daftar tanggung jawab Anda di pekerjaan sebelumnya. Jadi, fokuslah pada pencapaian dan kelebihan yang bisa Anda tawarkan pada sekolah.

Sesuaikan CV dengan pekerjaan

Semua orang pasti menyimpan CV mereka. Sayangnya, saat batas waktu pengiriman CV mendekat, Anda cenderung mengirimkan CV apa adanya. Mungkin Anda memang baru saja memperbaruinya, tapi isi CV harus disesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar. Pastikan pengalaman dan semua yang disebutkan menunjukkan bahwa Andalah kandidat yang tepat. Meskipun tidak perlu menulis lagi dari nol, Anda masih harus menunjukkan transferable skill yang akan membuat perekrut terkesan.

Fokus sebagai kandidat yang sempurna

Saat memposting lowongan kerja, perekrut biasanya sudah punya bayangan kandidat yang ideal dengan pengalaman dan kualifikasi tertentu. Keahlian yang dibutuhkan satu pekerjaan berbeda dengan pekerjaan lainnya. Jadi, jika bisa menyebutkan beberapa keahlian yang dicari perekrut, kesempatan Anda untuk diwawancara akan lebih besar.

Gunakan kata kunci yang relevan

Daftar riwayat hidup untuk guru sebaiknya menggunakan istilah pendidikan yang sesuai karena bisa menunjukkan kemampuan dan pengalaman Anda. Selain itu, jika melamar online, kata kunci akan membuat CV Anda makin relevan.

Yang Perlu Dimasukkan dalam CV

Kini waktunya mengisi dan memberikan informasi. CV Anda harus berisi hal-hal berikut.

  1. Informasi kontak: Anda harus menuliskan nama lengkap. Informasi lainnya seperti usia, status pernikahan, dan kebangsaan bersifat opsional. Anda juga harus menuliskan alamat, alamat email pribadi, dan nomor telepon atau HP.
  2. Profil  CV: CV membutuhkan profil pribadi di bagian atas. Paragraf singkat yang menjelaskan secara ringkas siapa Anda dan keahlian Anda yang relevan dengan posisi kerja. Anggaplah ini sebagai ringkasan surat lamaran dalam dua kalimat.
  3. Kualifikasi pendidikan: Bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan Anda dengan lengkap dan akurat. Tuliskan kursus pengembangan profesional, konferensi, dan lokakarya yang relevan. Selain persyaratan pendidikan guru, Anda bisa menunjukkan passion dan komitmen melalui seminar dan kelas tambahan.
  4. Pengalaman kerja: Tuliskan pengalaman kerja Anda sebelumnya dan tunjukkan relevansinya dengan posisi yang diinginkan. Daripada menulis tanggung jawab di perusahaan sebelumnya, fokuslah pada pencapaian yang besar. Sertakan detail tentang cara Anda mengajar dan menghadapi tantangan.
  5. Keterampilan: Sesuaikan kualifikasi Anda untuk pekerjaan yang dilamar dengan menuliskan transferable skill. Gunakan contoh yang relevan untuk mendukung keahlian itu. Fokuslah pada kelebihan Anda agar CV makin bersinar.
  6. Minat pribadi: Anda juga bisa menuliskan hobi dan minat, jika relevan dengan profesi guru. Misalnya, mengajar, coaching, dan layanan publik – ini bisa membuat CV terlihat makin hebat. Aktivitas olahraga juga bisa dimasukkan, terutama jika Anda pernah mendapat penghargaan.
  7. Referensi: Mungkin saja perekrut ingin berbicara dengan seseorang yang pernah bekerja dengan Anda, khususnya yang pernah melihat Anda mengajar. Bisa saja kepala sekolah di sekolah sebelumnya atau guru senior saat Anda baru saja lulus. Ada baiknya menuliskan “Referensi tersedia berdasarkan permintaan” di akhir CV. Jadi, Anda dapat memberi tahu dan menyiapkan pemberi referensi jika perekrut akan menelepon mereka.

Bagaimana struktur CV guru terbaik?

Sebelum mulai menulis, Anda harus menentukan struktur CV agar perekrut bisa mengikuti informasi yang diberikan dengan mudah. Ada dua format daftar riwayat hidup yang populer: berdasarkan keahlian dan kronologi terbalik. Keduanya punya keuntungan masing-masing. Tapi, mana yang harus dipilih? Jawabannya, tergantung preferensi pribadi. Namun, jika Anda baru lulus dan hanya punya sedikit pengalaman, CV berdasarkan keahlian adalah pilihan yang bagus. Format kronologi terbalik cocok untuk orang-orang yang punya pengalaman mengesankan.

Format kronologi terbalik

Dalam format ini, Anda harus fokus pada pengalaman kerja sebelumnya – mulai dari yang terakhir. Anda juga harus menunjukkan peran dan pencapaian Anda di pekerjaan sebelumnya. Agar menarik, buatlah CV yang spesifik dan tekankan pencapaian daripada tugas dan tanggung jawab. Sebutkan juga transferable skill yang penting. Jangan lupa tuliskan tantangan yang pernah Anda alami dan atasi. Tapi ingat, meskipun mudah ditulis, format kronologi tidak cocok jika Anda tidak punya banyak pengalaman kerja.

CV berdasarkan keahlian

CV ini menunjukkan keahlian-keahlian Anda – pencapaian, pengalaman, dan pendidikan juga disebutkan tetapi singkat. Saat menulis daftar riwayat hidup, pilih beberapa keterampilan dan kompetensi, lalu berikan contoh yang relevan. Contoh itu bisa dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja sebelumnya, atau aktivitas lainnya. Dengan format CV ini, Anda bisa menunjukkan bahwa Anda cocok untuk mengisi posisi kerja itu.

Keahlian penting yang perlu disebutkan sebagai guru

Komunikasi yang efektif: Guru harus pandai berkomunikasi dengan baik. Kemampuan untuk menyampaikan informasi pada siswa sangat penting dalam mengajar. Anda harus pandai berganti nada bicara dan membuat pelajaran tetap menarik. Kemampuan komunikasi juga bergantung pada usia siswa. Bagian penting dari komunikasi adalah bahasa tubuh. Jadi, Anda harus tahu cara mempertahankan bahasa tubuh yang positif.

Rasa percaya diri: Anda juga harus menunjukkan penguasaan topik agar bisa menyampaikan pelajaran dengan percaya diri.

Keahlian interpersonal: Sekolah dan institusi pembelajaran lebih efektif digunakan dalam kelompok. Jadi, Anda harus bisa bekerja sama dengan tim tanpa masalah.

Organisasi: Sebagai guru, Anda harus menyiapkan sesi mengajar, menilai tugas atau tes, dan mengajar di kelas. Jadi, Anda harus bisa mengatur waktu dan punya rutinitas yang baik agar semua pekerjaan terselesaikan.

Artikel terkait

Lebih dari 112.872 pengguna sudah membuat CV mereka

Dengan pembuat CV, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat CV yang profesional dan unik dalam 15 menit.

Buat CV Anda

Peluang Anda mendapat pekerjaan akan meningkat 65%