Cara membuat CV customer service yang bagus!

Customer service representative adalah staf utama dalam semua organisasi karena mereka dapat membantu memajukan atau malah menghancurkan bisnis. Jika Anda pandai membantu pelanggan, buatlah CV customer service yang bagus untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Orang-orang menilai suatu perusahaan dari cara perusahaan memperlakukan pelanggan. Jika pelanggan merasa frustrasi atau kesal, loyalitas brand mereka akan hilang bersama dengan niat membeli mereka.

Customer service representative yang baik tahu bahwa mereka bekerja di baris depan dan membawa image brand. Jadi, mereka berusaha memberikan dukungan terbaik agar pelanggan puas dengan informasi tentang produk, fitur, dan layanan.

Jika ingin meyakinkan perekrut bahwa Anda punya kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat pelanggan senang, puas, dan kembali lagi, CV Anda harus mampu menunjukkannya dengan baik. CV adalah cerminan dari sosok profesional Anda, jadi buatlah berkesan.

Artikel ini akan menjelaskan cara terbaik untuk menunjukkan keterampilan dan kelebihan Anda. Kami juga akan memberikan contoh CV customer service yang bisa dipelajari.

Contoh CV untuk Customer Service

CV customer service

Unduh contoh CV customer service ini dalam bentuk PDF

Buat CV profesional Anda sekarang

Dari templat CV customer service ini, Anda dapat melihat bagaimana David menunjukkan pengalamannya selama bertahun-tahun dan menyebutkan bahwa dia memimpin sebuah tim. Perekrut akan langsung tahu bahwa David punya kemampuan yang mumpuni sebagai supervisor dan sangat memahami industri asuransi jangka pendek. Kedua hal ini menunjukkan bahwa David mencari posisi yang lebih senior, dengan didukung oleh sertifikasi dan pencapaian, serta perkembangan kariernya yang stabil. Inilah tanda-tanda bahwa dia mencari prospek jangka panjang dan hampir tidak mungkin pindah perusahaan setelah bekerja. David memilih templat Edinburgh yang profesional dan praktis agar menonjol. Templat ini bisa digunakan dengan atau tanpa foto.

Menulis CV yang bagus membutuhkan perencanaan awal, jadi sisihkan waktu khusus. Anggaplah ini seperti proyek untuk menyampaikan sesuatu seakurat mungkin agar pembaca tahu semua informasi yang diperlukan hanya dengan membaca sekilas.

Kunci dari semua CV yang bagus adalah master CV – dokumen lengkap yang menguraikan semua pendidikan, keterampilan, dan riwayat kerja Anda.

Dokumen harus:

  • Mengalir dengan baik, logis, dan mudah dipahami
  • Ditulis dengan font hitam di latar belakang putih
  • Bebas dari kesalahan eja atau format buruk
  • Disajikan dengan baik, rapi, menggunakan spasi yang tepat, terorganisasi, dan profesional
  • Dimulai dari pekerjaan terakhir (atau saat ini) hingga pekerjaan pertama
  • Menguraikan pendidikan dan kualifikasi mulai dari yang terakhir
  • Menyertakan soft skill dan hard skill
  • Menyertakan detail referensi yang akurat untuk setiap posisi

Pastikan tidak ada informasi yang terlupakan karena CV adalah fondasi dari semua lamaran kerja. Sebaiknya tuliskan CV secara detail, tapi seperlunya saja.

Tuliskan semua posisi kerja, tanggung jawab, dan pencapaian Anda. Ini tentunya membutuhkan banyak waktu, tapi penting sekali demi kesuksesan Anda di masa depan.

Selagi Anda menulis master CV, buat salinan dari semua kualifikasi, penghargaan, surat referensi, dan hal lain yang relevan dan penting. Simpan semuanya dalam satu folder bersama CV Anda, yang bisa diakses dengan mudah.

Selalu periksa kembali dan edit master CV Anda dengan cermat agar tidak ada kesalahan. Jika mungkin, mintalah orang lain untuk memeriksanya. Anda tidak ingin perekrut merasa terganggu dengan kesalahan bahasa dasar, bukan?

Jelaskan keterampilan customer service Anda

Skill customer service yang dibutuhkan di satu industri berbeda dengan industri lainnya, tapi beberapa keterampilan intinya sama.

Jangan melupakan informasi apa pun saat menulis skill customer service dalam CV. Tuliskan semua soft skill dan hard skill Anda, bahkan meskipun skill itu hanya digunakan sebentar. Selain itu, kadang kita melewatkan beberapa soft skill yang kita gunakan setiap hari.

Jadi, sisihkan waktu untuk mengetahui apa saja yang Anda lakukan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam setiap posisi untuk dapat melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Inilah beberapa soft skill penting yang dibutuhkan dalam customer service:

  • Kemampuan beradaptasi: menghadapi berbagai situasi yang cepat berubah
  • Empati: memahami emosi dan sudut pandang seseorang
  • Kontrol diri: tetap tenang saat menghadapi perubahan dan tantangan
  • Kesabaran: tahu kapan harus menunggu, merespons, dan bertindak
  • Kemampuan mendengarkan: mendengarkan untuk memahami dan membiarkan pelanggan tahu bahwa mereka didengarkan
  • Kemampuan membujuk: menawarkan solusi untuk masalah dengan memenangkan hati pelanggan
  • Bahasa yang positif: menggunakan kata-kata yang ramah dan penuh semangat untuk menenangkan dan memenangkan hati pelanggan
  • Komunikasi yang jelas: menyampaikan informasi dengan cara yang lugas dan mudah dipahami
  • Bertanggung jawab: memastikan masalah diselesaikan, apa pun penyebabnya

Hard skill atau keahlian teknis di setiap industri itu berbeda-beda, tapi Anda membutuhkan:

  • Pengalaman menggunakan program atau software tertentu
  • Kemampuan bahasa
  • Spesifikasi dan pengetahuan tentang produk
  • Pemahaman penuh akan ketentuan layanan
  • Pengetahuan tentang hukum dan peraturan industri
  • Detail promosi marketing dan penawaran
  • Pengalaman dalam proses penjualan dan akuntansi

Buat CV profesional Anda sekarang

Profil pribadi

Anda dapat menulis profil pribadi di awal CV. Inilah beberapa contoh profil pribadi dengan level keterampilan dan kompetensi yang berbeda. Beberapa kata dicetak tebal agar perekrut langsung tahu detail-detail pentingnya sebelum membaca bagian CV lainnya.

Layanan pelanggan – contoh profil pribadi – level senior

Customer service representative dengan pengalaman 10 tahun dalam industri asuransi jangka pendek yang melayani klien pribadi dan bisnis. Saya adalah komunikator yang jelas, pendengar yang efektif, dan cakap dalam meredakan konflik dan menyelesaikan masalah klien dengan cepat. Dengan keterampilan organisasi yang baik, saya mampu memberikan layanan yang berkualitas dan mempertahankan level integritas tertinggi untuk menjamin kepuasan dan keamanan klien dan perusahaan. Selain itu, saya adalah anggota tim yang kompeten, dapat menginspirasi dan terinspirasi oleh tim.

Layanan pelanggan – contoh profil pribadi – level berpengalaman

Saya adalah customer service advisor yang berdedikasi, dengan pengalaman 5 tahun di bidang asuransi jangka pendek, dan telah melayani berbagai klien dengan nilai kekayaan bersih yang tinggi. Etika, integritas, dan kerahasiaan sangat penting untuk mempertahankan klien, dan saya membawa kualitas ini dalam setiap aspek komunikasi dan keterlibatan. Saat ini, saya sedang menyelesaikan sertifikasi tingkat manajer dan ingin memperdalam pengetahuan bisnis jangka pendek saya.

Layanan pelanggan – contoh profil pribadi – level tidak berpengalaman

Saya adalah customer care consultant yang antusias dan cermat dengan pengalaman 18 bulan dalam bidang asuransi jangka pendek dan ingin mendapatkan pengalaman industri yang lebih luas. Saya dapat menangani inbound dan outbound call, memiliki keterampilan organisasi yang sangat baik, dan tahu cara mendengarkan masalah klien secara efektif agar dapat diselesaikan dengan cepat. Saya dapat bekerja sama dengan tim dan senang belajar dari orang lain untuk mengembangkan karier saya.

Apa yang harus dikatakan dalam profil pribadi?

Meskipun pendek, profil pribadi haruslah relevan. Berdasarkan deskripsi lowongan kerja, tuliskan hard skill dan soft skill Anda, tahun pengalaman kerja, dan kata kunci yang Anda temukan. Sesuaikan profil pribadi Anda dengan persyaratan lowongan perusahaan.

Ingat hal-hal ini saat melamar:

  • Posisi kerja
  • Tunjukkan pengetahuan Anda
  • Sebutkan tahun pengalaman
  • Sebutkan hard skill dan soft skill yang penting
  • Sesuaikan dengan persyaratan yang diminta perusahaan

Apa pun informasi yang Anda sertakan, buatlah profil pribadi yang ramah, menarik, dan penuh semangat – inilah kesan pertama yang dilihat oleh perekrut.

Cara menggunakan master CV

Setelah master CV selesai, Anda dapat melamar kerja dengan cepat dan tidak perlu khawatir akan melewatkan detail penting.

Saat melihat pekerjaan yang ingin Anda lamar, bacalah deskripsi lowongan kerja dengan cermat dan catat persyaratan utama yang dibutuhkan. Perekrut sering menggunakan kata kunci dalam deskripsi pekerjaan untuk menyaring lamaran. Jadi, pastikan Anda memasukkan kata kunci yang tepat dalam CV.

Cara terbaik untuk mengidentifikasi kata kunci itu adalah dengan melihat tanggung jawab pekerjaan yang disebutkan. Misalnya, jika Anda bekerja di industri perhotelan, carilah istilah khusus seperti pemesanan, layanan tamu, banquet, katering, perjalanan, pariwisata, dan sebagainya.

Ingat, perusahaan mungkin menggunakan nama posisi berbeda untuk pekerjaan customer service. Pertimbangkan juga nama posisi lain, seperti customer advisor, customer assistant, customer care, customer support, dan lainnya.

Langkah selanjutnya adalah mengubah master CV Anda menjadi CV customer support yang bagus dan menarik perhatian perekrut. Gunakan informasi yang relevan dan penting dari master CV Anda dan sesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar.

Ingat, perekrut dan perusahaan hanya melihat lamaran Anda secara sekilas untuk mencari informasi tertentu. Jika tidak menemukannya, mereka akan melihat CV pelamar selanjutnya. Jadi, menuliskan kata kunci penting di awal CV bisa membuat mereka terus membaca. Itu juga menunjukkan bahwa Anda membaca lowongan kerja dengan baik.

Inilah beberapa aturan untuk CV customer care:

  • Gunakan format hitam putih yang jelas dan ringkas
  • Panjang CV jangan lebih dari 2-3 halaman
  • Buatlah relevan dengan pekerjaan
  • Pastikan bahasanya positif, proaktif, dan mudah dibaca
  • Periksa ejaan, tanggal, dan urutan dengan cermat
  • Jangan sertakan detail kontak dari referensi, tapi tuliskan ‘berdasarkan permintaan
  • Jika memungkinkan, tuliskan juga ‘CV detail tersedia atas permintaan

Ringkasnya

Mendapatkan pekerjaan customer service impian tidaklah sulit asalkan kita tahu apa yang harus dimasukkan ke dalam CV. Menghabiskan waktu untuk merencanakan dan menyusun master CV sama dengan berinvestasi dalam masa depan Anda.

Inilah beberapa poin utama dalam menulis CV customer assistant yang sempurna:

  • Gunakan waktu untuk menyusun master CV yang lengkap
  • Simpan master CV dan semua dokumen yang relevan dalam folder yang aman dan mudah diakses
  • Baca deskripsi pekerjaan dengan cermat dan temukan kata kuncinya
  • Tulis CV yang ringkas berdasarkan master CV Anda dengan memilah informasi yang relevan dengan pekerjaan
  • Tulis profil pribadi yang menarik dan fokus pada persyaratan lowongan kerja

Saat mengirimkan lamaran:

  • Selalu kirimkan CV dan surat lamaran yang sudah disesuaikan dalam format PDF
  • Jangan kirimkan dokumen lain yang tidak diminta
  • Pastikan detail kontak Anda mudah ditemukan dalam CV
  • Jangan sertakan referensi dalam lamaran awal

Buat CV profesional Anda sekarang

Pertanyaan umum tentang CV customer service

Kami menjawab beberapa pertanyaan yang paling penting untuk Anda.

Apa itu master CV customer care, dan bagaimana cara menggunakannya?

Master CV untuk customer service berisi semua tingkat pendidikan tertinggi dan pekerjaan Anda, mulai dari yang terbaru hingga paling awal.

Mengapa harus membuat master CV customer support?

Tentu saja untuk menghemat waktu dan membawa diri Anda dengan sebaik mungkin. Setelah punya semua informasi yang dibutuhkan secara akurat di satu tempat, Anda tidak perlu mencarinya lagi. Anda hanya perlu memperbaruinya setiap tahun.

Kapan saya harus memasukkan detail referensi?

Setelah perekrut atau perusahaan menghubungi Anda dan meminta detail referensi. Jangan pernah sertakan detail referensi saat Anda pertama kali melamar kerja.

Jika perekrut menghubungi Anda untuk wawancara screening, mereka mungkin akan meminta referensi. Jika tidak, jangan berikan referensi – mungkin saja lamaran Anda belum berhasil. Kadang, pewawancara memilih untuk meminta referensi di tahap akhir.

Memasukkan detail referensi di awal berisiko bagi Anda dan pemberi referensi.

Pertama, Anda membagikan detail pribadi seseorang kepada orang yang tidak Anda kenal. Ini berisiko bagi pemberi referensi karena detail pribadi mereka mungkin jatuh ke tangan yang salah.

Kedua, perekrut yang tidak jujur mungkin akan menghubungi pemberi referensi sebelum menghubungi Anda. Ini praktik yang tidak adil – karena itulah, jangan berikan detail referensi di awal.

Terakhir, jika pemberi referensi tidak menduga akan dihubungi oleh perekrut, mereka mungkin tidak siap atau tidak ingat semua detail dan kelebihan Anda sehingga memberikan referensi yang kurang maksimal.

Saat melamar kerja, ada baiknya Anda menghubungi pemberi referensi dulu dan mengingatkan mereka tentang hal itu. Jika beberapa tahun sudah berlalu, mereka mungkin lupa kapan Anda bekerja, tanggung jawab pekerjaan Anda, dan detail penting lainnya.

Dengan mengabari perusahaan lama, Anda dapat mencari tahu apakah mereka masih bersedia memberikan referensi atau tidak. Anda juga bisa memastikan referensi itu benar dan menunjukkan keahlian dan kemampuan Anda secara akurat.

Haruskah saya memasukkan hobi dan minat ke dalam CV?

Jika ingin memasukkan hobi dan minat ke dalam CV atau profil pribadi, sebutkan saja yang relevan dengan pekerjaan. Selain itu, jangan tuliskan pencapaian pribadi yang tidak relevan. Ingat, perekrut dan perusahaan tidak punya banyak waktu dan tidak akan membaca hal-hal yang tidak penting. Hobi dan minat itu penting, tapi jangan masukkan ke dalam CV kecuali berkaitan dengan pekerjaan. Misalnya, jangan sebutkan hobi olahraga jika Anda melamar sebagai waiter di restoran – tapi sebutkan hobi memasak.

Pertanyaan umum tentang customer service

Apakah Anda ingin meniti karier di bidang customer service? Jika ya, inilah cara melakukannya.

Tingkat pendidikan apa yang saya butuhkan?

Biasanya Anda membutuhkan pendidikan minimal SMP/SMA untuk posisi customer service. Namun, ada industri tertentu yang membutuhkan tingkat pendidikan lebih tinggi. Apa saya butuh keahlian khusus? Banyak perusahaan memberikan training untuk customer service mereka. Jadi, Anda tidak harus punya keahlian khusus. Tapi, lebih baik jika Anda punya sertifikasi atau gelar yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Misalnya, jika ingin bekerja dalam industri TI, ada baiknya Anda punya gelar di bidang TI atau sertifikasi komputer. Untuk menyelesaikan masalah pelanggan, Anda harus tahu produk, layanan, dan sistem perusahaan dengan baik. Untungnya, Anda bisa melakukannya dengan belajar lebih lanjut dan mengambil sertifikasi profesional. Bagaimana dengan bidang spesialisasinya? Setiap bisnis membutuhkan orang-orang yang membantu pelanggan menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan dengan cepat dan efisien. Anda dapat berspesialisasi dalam customer service di berbagai industri, seperti:

  • Elektronik
  • Teknologi informasi
  • Asuransi
  • Kesehatan
  • Pariwisata
  • Pemerintah lokal
  • Manufaktur
  • Retail

Makin unik spesialisasi Anda, makin banyak pengetahuan produk dan keahlian yang dapat Anda pelajari.

Apakah peluang karier ini bagus?

Customer service termasuk posisi awal dan bisa dipromosikan ke posisi pemimpin tim atau manajer departemen.

Bergantung pada industri, keahlian, dan kualifikasi Anda, Anda dapat terjun ke bagian lain, seperti penjualan, manajemen penjualan, pemasaran, atau public relation.

Selain itu, Anda juga bisa mengambil kursus customer care online untuk meningkatkan keterampilan di bidang ini.

Bagaimana cara memulainya?

Sebelum mulai, buatlah master CV customer service representative agar Anda tidak perlu membuang-buang waktu saat menemukan lowongan kerja yang relevan. Anda bisa menghubungi departemen customer service secara langsung atau mengirim surat lamaran ke perusahaan. Meskipun biasanya profil pribadi tidak diperlukan untuk posisi ini, Anda boleh menambahkannya jika tidak punya pengalaman atau hanya punya sedikit pengalaman.

Artikel terkait

Lebih dari 112.872 pengguna sudah membuat CV mereka

Dengan pembuat CV, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat CV yang profesional dan unik dalam 15 menit.

Buat CV Anda

Peluang Anda mendapat pekerjaan akan meningkat 65%