Cara membuat CV retail terbaik? Lihat tips dan contoh kami!

Sektor retail berkembang dengan cepat sehingga menarik banyak sekali pencari kerja. Industri ini punya tingkat persyaratan yang rendah dan tidak membutuhkan pendidikan formal yang tinggi, asalkan pencari kerja bisa membuktikan kemampuan mereka. Jika ingin terjun ke bidang ini, CV dan lamaran Anda harus memberikan kesan yang bagus. Artinya, jangan sampai salah membuat CV.

Tapi jangan khawatir, panduan ini siap membantu Anda menulis CV modern yang menonjol dan mendapat kesempatan wawancara di bidang retail.

Buat CV profesional Anda sekarang

Cara menulis resume modern untuk pekerjaan retail

Pekerjaan retail butuh banyak tenaga dan penuh tekanan dengan tanggung jawab yang luas. Anda harus siap membantu pelanggan seharian, sekaligus efisien dalam menangani stok dan keuangan. Perusahaan selalu mencari kandidat yang cepat beradaptasi, terorganisasi, dan punya beragam keahlian. Jadi, jika ingin menonjol dari pelamar lainnya, CV Anda harus mengesankan. Keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar akan memberikan Anda keunggulan. Bahkan tanpa pengalaman sekalipun, skill Anda bisa memberikan kesempatan wawancara jika sesuai dengan posisi yang dilamar. Jadi, pikirkan keahlian yang bisa memberikan nilai lebih untuk perusahaan dan tuliskan dalam CV.

Contoh CV retail – templat Auckland

CV retail

Unduh contoh CV ini – Sektor retail

Buat CV profesional Anda sekarang

Pekerjaan umum dalam industri retail

Sama seperti sektor lain yang berkembang dengan cepat, industri retail punya banyak sekali peluang kerja, dari pekerja musiman hingga karyawan permanen. Anda bisa mencoba salah satu pekerjaan ini untuk mulai meniti atau mengembangkan karier dalam industri retail:

  • Retail Sales Associate
    Toko retail fisik membutuhkan staf langsung yang bisa meningkatkan penjualan. Retail sales associate melayani pelanggan secara langsung dengan membantu mereka membeli. Mereka juga bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan di toko, mengurus stok barang, dan membantu pelanggan. Saat ada kiriman baru, sales associate harus mengelola inventaris. Mereka harus memastikan bisnis berjalan dengan lancar dan berusaha meningkatkan penjualan toko.
  • Perwakilan Layanan Pelanggan
    Seiring jumlah pelanggan meningkat, kebutuhan pelanggan pun menjadi makin beragam. Customer service representative mengelola telepon, chat, email, dan memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan di platform media sosial. Mereka juga menangani keluhan dan menindaklanjuti permintaan pengembalian dana atau barang. Pelanggan yang punya masalah biasanya tidak sabar dan tidak sopan. Jadi, pekerjaan ini membutuhkan kesabaran dan kemampuan pemecahan masalah yang sangat baik.
  • Kasir
    Saat jumlah pelanggan bertambah, toko membutuhkan lebih banyak kasir untuk mempercepat proses pembelian. Tapi, kasir tidak hanya menerima pembayaran. Mereka juga membantu pelanggan mengembalikan dan menukar produk, serta memberi tahu pelanggan tentang promosi dan sistem hadiah. Mereka juga menghitung uang dan menyeimbangkan aliran uang yang masuk dan keluar.
  • Manajer Toko
    Toko retail besar membutuhkan manajer untuk memantau semua aktivitas dan memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Manajer juga harus mengurus karyawan, anggaran, serta kepatuhan terhadap aturan keselamatan dan kebijakan operasional. Mereka mewakili kepentingan pemilik dalam bisnis. Manajer toko membutuhkan skill kepemimpinan dan interpersonal yang kuat untuk mengelola sumber daya bisnis dan memastikan toko mendapat keuntungan.

Apa yang harus disertakan dalam CV?

Sebelum mulai menulis resume, Anda harus memilih format. Tapi sebelumnya, tentukan dulu apakah Anda punya cukup pengalaman untuk pekerjaan yang dilamar atau tidak. Jika Anda baru terjun ke industri atau hanya punya sedikit pengalaman, gunakan CV berdasarkan keahlian. Tapi, jika Anda mencari kesempatan promosi dan punya cukup banyak pengalaman, gunakan CV dengan kronologis terbalik. Semua resume – dari CV customer service, CV kasir, hingga CV manajer – harus berisi:

1. Detail Pribadi
Anda harus memberikan informasi kontak, termasuk alamat saat ini, agar manajer SDM bisa menghubungi Anda. Pastikan detail pribadi ada di bagian atas agar mudah ditemukan.

2. Profil Pribadi
Ini adalah ringkasan skill terbaik, pencapaian, dan keunikan Anda. Bagian ini juga bisa menjelaskan aspirasi Anda melamar pekerjaan itu. Profil pribadi adalah bagian terpenting dalam CV karena menunjukkan kepribadian Anda.

3. Pengalaman Kerja
Tuliskan riwayat kerja Anda secara terbalik – artinya, pekerjaan terakhir ditulis pertama kali. Selain tanggung jawab dalam pekerjaan sebelumnya, tuliskan juga pencapaian yang besar. Misalnya, Anda melakukan inovasi yang meningkatkan penjualan hingga 20%. Saat menuliskan pencapaian, jangan lupa tuliskan posisi kerja Anda saat itu.

4. Pendidikan
Anda bisa menulis latar belakang pendidikan dan pencapaian yang relevan. Jika punya riwayat kerja yang cukup banyak, sebutkan kualifikasi dulu baru pengalaman kerja. Kursus profesional lainnya juga perlu disebutkan untuk menunjukkan bahwa Anda mementingkan pengembangan diri.

5. Keahlian dan Kompetensi
Skill Anda bisa dituliskan jika relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Bahkan jika Anda tidak punya pengalaman kerja, keahlian yang dijelaskan dengan baik bisa memberikan kesempatan wawancara.

6. Minat Pribadi
Hobi bisa digunakan untuk membuat suasana lebih santai selama wawancara, tapi tidak wajib. Jika Anda tidak punya hobi menarik yang relevan untuk dimasukkan ke CV, lewati saja bagian ini.

Cara menulis profil pribadi yang bagus

Profil pribadi mirip seperti pitch penjualan, dan karena perusahaan memperhatikan sikap, Anda harus menunjukkan kepribadian dengan baik. Bukan tentang pengalaman, tapi dampak yang bisa Anda berikan jika Anda dipekerjakan. Gunakan contoh yang nyata dan sesuaikan ambisi Anda dengan visi dan target perusahaan. Tujuannya adalah menyesuaikan dengan skill yang disebutkan dalam lowongan kerja dan menarik perhatian perekrut. CV tanpa pencapaian kuantitatif akan membuat resume terlihat kosong.

Inilah beberapa contohnya:

Contoh 1: Dengan pengalaman lebih dari 3 tahun, saya adalah customer service representative yang berkomitmen dan mampu beradaptasi di lingkungan kerja bertempo cepat. Mampu menangani rata-rata 40 pelanggan dalam sehari, saya ingin meningkatkan kemampuan interpersonal saya di posisi kepemimpinan.

Contoh 2: Sales associate berpengalaman dengan passion melayani pelanggan. Saya berorientasi pada target dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman belanja yang sangat baik.

Contoh 3: Asisten penjualan yang proaktif dan fokus pada pelanggan dengan pengalaman lebih dari 2 tahun. Mampu memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, bekerja sama dengan tim, dan meningkatkan pendapatan melalui upselling.

Buat CV profesional Anda sekarang

Apa keahlian atau kompetensi penting yang perlu disebutkan dalam resume retail?

Manajer SDM memperhatikan relevansi. Jadi, bagaimana cara mengetahui skill yang relevan untuk CV Anda? Buat daftar keahlian yang disebutkan dalam lowongan kerja, lalu sesuaikan dengan kompetensi yang Anda miliki. Inilah beberapa skill yang diperlukan dalam pekerjaan retail:

Keahlian inventaris: Bidang retail berkaitan dengan mengurus stok dan memastikan produk ada di tempat yang tepat. Anda juga harus memantau produk yang dipajang dan stok produk.

Keahlian TI: Anda harus familier dengan komputer, register elektronik, dan sistem penjualan. Pengetahuan dalam sistem informasi manajemen juga bermanfaat untuk mengelola tren pembelian. Anda juga harus efisien dalam menganalisis data dari order online dan meningkatkan penjualan.

Keahlian marketing: Anda harus tahu cara membujuk dan meyakinkan pelanggan untuk membeli produk. Anda harus bisa menyesuaikan informasi yang diberikan ke calon pembeli dan mendorong mereka untuk bertindak.

Keahlian organisasi: Sebagai karyawan retail, ada banyak aktivitas yang perlu dilakukan, termasuk mengurus stok, mengarahkan pelanggan, ilustrasi produk, dan mengorganisasi produk yang dipajang. Jadi, Anda harus pintar multi-tasking dan terorganisasi untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Cara membuat CV modern yang menonjol dari pelamar lainnya

Gunakan layout CV yang jelas dan ringkas
Resume harus jelas dan mudah dibaca di layar maupun secara cetak. Jadi, hindari font yang aneh dan warna. Hitam putih saja sudah bisa menyampaikan pesan dengan baik. Tuliskan juga CV secara singkat, maksimal 2 halaman, karena perekrut hanya punya waktu beberapa detik untuk membaca CV.

Hindari waktu kosong dalam resume
Pastikan semua tanggal sesuai dengan riwayat kerja Anda. Jelaskan waktu kosong dalam CV, jika ada, untuk menghindari kesimpulan yang salah. Jika tidak bekerja, tuliskan keahlian dan kursus pengembangan profesional yang diambil saat itu.

Sesuaikan CV dengan pekerjaan 
Sesuaikan skill dengan tanggung jawab yang disebutkan dalam lowongan kerja. Menyesuaikan resume itu mudah karena banyak perekrut memberikan persyaratan kerja yang detail.

Buktikan keahlian secara kuantitatif 
Saat menggunakan kata-kata action yang menunjukkan pencapaian besar, Anda butuh bukti nyata. Gunakan angka dan statistik yang relevan untuk menunjukkan pencapaian Anda.

Karakteristik pribadi apa yang dicari perusahaan?

Komunikasi yang baik: Saat bekerja di bidang retail, Anda harus berbicara dengan pelanggan sepanjang hari. Jadi, Anda harus menjadi komunikator yang baik di berbagai channel.

Perhatian terhadap detail: Anda harus memperhatikan produk yang dipajang, mengurus stok, dan memastikan operasi toko berjalan dengan lancar.

Pemecahan masalah: Masalah dengan pelanggan sering terjadi. Jadi, Anda harus pandai mengatasi konflik dan menemukan solusi dengan cepat.

Informasi lain apa yang penting untuk disebutkan dalam CV retail?

Saat melamar kerja, selalu pastikan CV Anda berisi kata kunci yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya, jika Anda melamar sebagai customer service, tuliskan kata-kata dan skill yang relevan dengan pekerjaan itu. Perekrut yang menggunakan software perekrutan biasanya memfilter pelamar berdasarkan kata kunci. Jadi, tanpa kata kunci, resume Anda mungkin tidak akan sampai ke tangan manajer SDM.

Rahasia untuk mendapatkan kesempatan wawancara adalah memberikan cukup informasi yang menunjukkan kemampuan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Tapi, Anda tetap perlu menunjukkan pencapaian sebelumnya.

Artikel terkait

Lebih dari 112.872 pengguna sudah membuat CV mereka

Dengan pembuat CV, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat CV yang profesional dan unik dalam 15 menit.

Buat CV Anda

Peluang Anda mendapat pekerjaan akan meningkat 65%